Satu putaran lebih baik

15 Jun 2009

Hasil survei yang dilakukan LSI yang menempatkan salah satu capres bertengger dengan 70% mengundang reaksi yang keras dari capres2 yang lain.
Mereka beranggapan survei yang dilakukan LSI itu jauh dari kenyataan, karena yang memesan survei itu adalah Fox Indonesia yang notabene adalah tim kampanye salah satu capres.
Dengan hasil survei seperti itu, rakyat akan beranggapan bahwa pemilu presiden nanti cuma akan berlangsung hanya dalam satu putaran.
Yang tentunya keadaan itu tidak disukai oleh capres yang lain.

Sebenarnya pemilu presiden ini, kalau bisa selesai lebih cepat pasti akan lebih baik.

Dengan pemilu hanya satu putaran, menjadikan pemilu juga jadi murah ongkosnya.
Murah ongkos penyelenggarannya maupun murah ongkos politiknya.
Kalau pemilihan presiden hingga dua putaran, berapa triliun rupiah lagi uang yang harus keluarkan pemerintah untuk menyelenggarakannya.
Begitu juga dengan ongkos politik yang harus di tanggung oleh bangsa ini, jika dalam pemilu terjadi gerekan2 antar para pendukung capres yang saling berseberangan.

Bukan tidak mungkin gesekan2 antar pendukung bisa terjadi.
Lihat contoh pada saat Deklarasi Pemilu Damai yang diselenggarakan KPU malam itu.
Seharusnya yang namanya Deklarasi Damai, pasti dong sesuai dengan temanya. Tapi yang terjadi justru sebaliknya. Monolog yang dibawakan Butet Kertaradjasa yang isinya menyindir habis2an presiden bukan cara cerdas dalam kontek pemilu damai.

Begitu juga sebaliknya pada malam yang sama. Program suaraanda di metrotv yang juga membahas mengenai Deklarasi Pemilu Damai tidak terlihat yang namanya kadamaian. Ketiga Tim sukses capres perang kata2 satu sama lain sehingga debat yang terlihat sudah seperti orang yang lagi bertengakar.
Tontonan politik seperti itu akhirnya lama2 membosankan, lebih dari itu juga mengkhawatirkan

Jadi menurut gw, siapapun presiden yang akhirnya terpilih, akan lebih baik kalau pemilu presiden ini hanya berlansung dalam satu putaran. Satu putaran pasti lebih baik.


TAGS


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post