Hari ini 3 Desember 2009

3 Dec 2009

Hari ini tepat tanggal 3 Desember 2009 adalah Hari Penyandang Cacat Internasional yang disponsori oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa sejak tahun 1992. Peringatan ini bertujuan untuk mengembangkan wawasan masyarakat akan persoalan-persoalan yang terjadi berkaitan dengan kehidupan para penyandang cacat dan memberikan dukungan untuk meningkatkan martabat, hak, dan kesejahteraan para penyandang cacat.

Banyak kemajuan bagi kehidupan penyandang cacat sejak hari itu dideklarasikan baik itu dibidang pendidikan, kesempatan kerja maupun aksesibilitas di tempat2 umum. Meskipun dalam beberapa bidang begitu lambat perkembangannya.

Contoh kongkrit yang aku rasakan sekarang ini adalah seorang penyandang cacat lebih mudah memasuki pasar kerja. Sering NGO tempat aku bernaung diberikan kesempatan oleh perusahaan2 untuk bergabung sesuai bidang keahliannya masing2.

Tapi kemajuan disisi lain tidak serta merta di imbangi dengan perkembangan dengan masalah yang lain. Aksesibilitas di tempat2 umum dimana masih banyaknya gedung yang tidak menyediakan akses atau masalah transportasi sering jadi penghambat bagi penyandang cacat untuk beraktifitas. Sehingga karena hambatan arsitektural atau hambatan transportasi tidak bisa diatasi, terpaksa kesempatan kerja yang diperoleh seorang penyandang cacat tidak dapat di pergunakan.

Mudah2an temen2 aku yang hari ini melakukan seremoni Hari Penyandang Cacat Internasional di istana Wakil Presiden bisa memberikan masukan untuk perbaikan kearah yang lebih baik bagi kehidupan penyandang cacat dimasa mendatang.

Karena semua perkembangan yang sudah kita peroleh tidak cukup hanya dengan seremoni atau dengan seminar di dalam ruangan, tapi yang lebih penting adalah dengan melakukan sosialisasi dan aksi yang nyata di masyarakat.


TAGS


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post